Pantai Tanjung Tinggi

Pantai berpasir putih, laut berwarna kehijau-hijauan, dan bertabur batu-batu sebesar kerbau? Pantai super indah itu bernama Pantai Tanjung Tinggi.

Dikenal juga dengan nama Pantai Bilik, Pantai Tanjung Tinggi memang pantas dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di kawasan Asia Tenggara. Menyamai keindahan Pantai Kuta di Bali atau Pantai Pattaya di Thailand. Sayangnya, keindahan luar biasa itu baru terekspos ketika masyarakat Indonesia sedang heboh dengan kehadiran film Laskar Pelangi pada 2008 lalu. Film garapan sutradara Riri Riza dan diadopsi dari novel best seller Andrea Hirata dengan judul yang sama, memang luar biasa. Semakin luar biasa ketika pada salah satu scene menampilkan kemolekan Pantai Tanjung Tinggi ketika senja.

Misteri Batu Granit Raksasa Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang berada di sebuah teluk kecil nan cantik sepanjang 100 m. Dikelilingi batu granit raksasa yang entah berasal darimana, pantai ini seakan menyimpan misteri. Membetot setiap pengunjung ke alam khayalan. Hingga sekarang, tak ada satu orang pun yang bisa memberikan penjelasan memuaskan dari mana batu-batu itu berasal. Terletak di Laut Jawa, Pulau Belitung tidaklah begitu luas dan bukan merupakan pulau yang memiliki barisan gunung berapi. Jadi, kecil kemungkinan jika batu-batu granit raksasa itu berasal dari muntahan atau erupsi gunung berapi. Walaupun begitu, ada kemungkinan di kawasan Pulau Belitung, dulunya terdapat gunung purba. Pada suatu waktu, gunung itu meletus dengan dahsyat. Letusan itu begitu luar biasa hingga menghancurkan tubuh gunung itu sendiri. Seperti letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda. Tapi, itu hanya sekadar asumsi dari banyak asumsi lainnya. Belum ada satu pun ahli vulkanologi yang mengklarifikasi kebenarannya. Misteri keberadaan batu granit raksasa agaknya akan tetap terbungkus misteri. Menjadi daya tarik pantai yang letaknya hanya sekitar 45 menit dari Jakarta menggunakan pesawat terbang. Pesona Lainnya Tidak hanya panorama pantainya yang indah, Kawasan Pantai Tanjung Tinggi juga pesona lain yang tak kalah memikat. Bagi para pemancing, kawasan pantai ini bisa jadi pilihan menyenangkan. Dengan kekayaan lautnya, Pantai Tanjung Tinggi bisa jadi surga bagi para pemancing. Bagi pencinta kuliner pun, berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi adalah pilihan tepat. Makanan khas melayu Pulau Belitung seperti gangan ikan ketarap, cumi goreng tepung, tumis genjer dan air kelapa muda, jadi penggoyang lidah. Menemani eksotisnya pantai andalan pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Tak cukup itu saja, bagi pecinta diving, Pantai Tanjung Tinggi juga menyediakan panorama alam bawah laut yang memikat. Tak kalah dengan Bunaken, terumbu karang di pantai ini masih perawan. Belum terjamah oleh tangan-tangan yang merusak keindahannya. Dan terakhir, Pantai Tanjung Tinggi juga memberikan kepuasan tak terkira bagi mereka yang hobi bermain jet ski atau olah raga laut lainnya. Dengan letak pantai yang tak jauh dari obyek wisata eksotis lainnya, seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Burung dan Pulau Lengkuas, para pencinta olah raga jet ski dapat mengunjunginya. Termasuk obyek wisata mercusuar peninggalan zaman kolonial Belanda, yang berada tak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s